Senin, 13 Februari 2012

MAKALAH PRAKTEK MENYUSUN TES NASIONAL SD/MI.Evaluasi Hasil Belajar Matematika

Untuk mengukur seberapa jauh tujuan-tujuan pengajaran telah tercapai, dapat dilakukan dengan evaluasi, dalam hal ini evaluasi hasil belajar. Alat ukur untuk mengevaluasi hasil belajar tersebut di gunakan tes.Tes adalah cara(yang dapat dipergunakan)atau prosedur yang (yang perlu ditempuh) dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan.

Salah satu bentuk tes hasil belajar adalah Tes Pilihan Ganda. Tes pilihan ganda adalah bentuk tes obyektif yang mempunyai ciri utama kunci jawaban jelas dan pasti sehingga hasilnya dapat diskor secara obyektif. Artinya setelah siswa mengerjakan soal dalam bentuk tes pilihan ganda maka siswa tersebut akan memperoleh skor yang sama jika hasil pekerjaanya diperiksa oleh lebih dari satu pemeriksa. Hal ini disebabkan setiap jawaban diberi skor yang sudah pasti dan tidak mengenal jawaban di antara benar dan salah atau jawaban benar sebagian saja.
Seperti yang dikatakan Hopkins dan Antes (1990) bahwa soal pilihan ganda terdiri dari pernyataan dan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa atau melengkapi dengan memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia. Satu di antaranya adalah yang paling benar, lainnya disebut pengecoh

Sedangkan keunggulan tes pilihan ganda menurut Azwar Syifuddin (2003) sebagai berikut : (1) Kompherhensif, karena dalam waktu tes yang singkat dapat memuat lebih banyak item. (2) Pemeriksaan jawaban dan pemberian skornya mudah dan cepat (3) Penggunaan lembar jawaban menjadikan tes efisien dan hemat bahan. (4) Kualitas item dapat dianalisi secara empirik (5) Objektifitasnya tinggi. (6) Umumnya memiliki reabilitas yang memuaskan.

Disamping keunggulan tes pilihan ganda mempunyai kelemahan sebagai berikut : (1) Pembuatannya sulit dan memakan banyak waktu dan tenaga (2) Tidak mudah ditulis untuk mengungkapkan tingkat kompetensi tinggi. (3) Ada kemungkinan jawaban benar semata-mata karena tebakan.
Di dalam tulisan ini penulis mencoba menguraikan bagaimana cara menyusun tes.

di lanjut di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PPG UNESA

halo lama ni g posting disini y  mungkin cuman pas mau nulis dan lagi pengen liat tulisan sendiri blog ini terbuka #renting e kapan mungga...